Hoaks! Unggahan TikTok Klaim Relawan Prabowo Subianto Jual Sepatu untuk Dana Kampanye

Berita, Hoaks, Peristiwa60 Dilihat

Harian Memo.com

MEMO, Jakarta: Sebuah unggahan TikTok baru-baru ini menghebohkan dengan klaim bahwa seorang relawan Prabowo Subianto menjual sepatu untuk mengumpulkan dana kampanye.

Video tersebut memperlihatkan sebuah toko dengan plakat yang mencantumkan tulisan “Toko Sepatu dan Sandal Presiden 2024” serta foto Prabowo Subianto.

Namun, melalui penelusuran yang dilakukan, terungkap bahwa foto plakat tersebut adalah hoaks dan hasil manipulasi menggunakan perangkat lunak pengolah gambar.

Penelusuran Fakta: Foto Plakat Toko Terkait Prabowo Subianto Ternyata Hoaks

Sebuah akun TikTok dengan nama pengguna @otv.id baru-baru ini mengunggah video yang mengklaim ada seorang relawan Prabowo Subianto yang menjual sepatu untuk mengumpulkan dana kampanye.

Dalam video tersebut, terlihat sebuah toko dengan plakat yang bertuliskan “Toko Sepatu dan Sandal Presiden 2024” serta foto Prabowo Subianto.

Namun, setelah dilakukan penelusuran, terungkap bahwa foto plakat toko tersebut adalah palsu. Sebenarnya, foto tersebut hasil manipulasi menggunakan perangkat lunak pengolah gambar.

Peran Google Lens dalam Membeberkan Kebenaran di Balik Hoaks Sepatu dan Sandal Presiden 2024

Dengan bantuan Google Lens, foto plakat tersebut ternyata identik dengan unggahan di situs web bkppkutim.com. Foto aslinya memuat tulisan “Toko Sepatu dan Sendal Syadkan” yang tidak ada hubungannya dengan Prabowo Subianto.

Unggahan TikTok tersebut termasuk dalam modus penjualan sepatu dan sandal di Toko TikTok dengan menciptakan konten yang kontroversial.

Tujuan dari penyebaran unggahan tersebut jelas agar menjadi viral dan dagangannya laris terjual.

Dengan demikian, klaim bahwa relawan Prabowo Subianto menjual sepatu untuk dana kampanye melalui unggahan TikTok tersebut adalah salah.

Unggahan tersebut dapat dikategorikan sebagai konten yang dimanipulasi atau hoaks.

Dengan demikian, unggahan TikTok dengan klaim bahwa relawan Prabowo Subianto menjual sepatu untuk dana kampanye adalah tidak benar.

Foto plakat toko yang mencantumkan nama Prabowo Subianto merupakan hasil manipulasi dan tidak memiliki kaitan dengan tokonya.

Hal ini menunjukkan bahwa unggahan tersebut termasuk dalam kategori konten yang dimanipulasi atau hoaks.

Penting bagi kita untuk melakukan penelusuran dan verifikasi informasi sebelum mempercayai klaim-klaim yang beredar di media sosial.

Akses Gratis tiap pekan, Majalah Memo digital, e-Book Memo dan e-Course Memo Talenta , via Group WA Klikdisini, atau TELEGRAM Klikdisini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *