Masalah Mengerikan Anemia yang Menjangkiti Generasi Muda Indonesia

Berita, Peristiwa22 Dilihat

Harian Memo.com

MEMO,Madiun:    Terkini, masalah anemia menimpa generasi muda Indonesia! Data terbaru mengungkapkan tingginya prevalensi anemia pada anak muda, tetapi pelaksanaan program suplemen darah menghadapi tantangan serius.

Prevalensi Anemia di Kalangan Anak Muda Indonesia: Fakta Terbaru

Anemia adalah masalah kesehatan yang dapat dialami oleh semua usia, mulai dari balita hingga orang dewasa.

Menurut data Riskesdas tahun 2018, prevalensi anemia pada anak usia 5-14 tahun mencapai 26,8%, sementara pada usia 15-24 tahun sekitar 23%. Ini berarti tiga dari sepuluh anak di Indonesia menderita anemia.

Dr. Kartika Rahmawati Ungkap Kendala dalam Program Suplemen Darah

Untuk mengatasi masalah ini, Pemerintah telah melakukan berbagai upaya, termasuk sosialisasi tentang pola makan seimbang, diversifikasi pangan, dan pemberian suplemen tambahan darah. Namun, ternyata masih ada hambatan dalam pelaksanaan upaya ini.

Dr. Kartika Rahmawati, Kepala Puskesmas Mejayan Kabupaten Madiun, mengungkapkan bahwa dalam pemberian tablet tambahan darah kepada remaja putri, hanya 14% dari mereka yang mengonsumsinya sesuai dengan aturan, meskipun sebelumnya 76,2% telah menerima tablet tersebut.

Akses Gratis tiap pekan, Majalah Memo digital, e-Book Memo dan e-Course Memo Talenta , via Group WA Klikdisini, atau TELEGRAM Klikdisini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *