Momen Hari Kesaktian Pancasila: Pelajaran Hidup yang Tak Terlupakan

Berita, nasional39 Dilihat

Harian Memo.com

MEMO,Jember:  Hari Kesaktian Pancasila, sebuah momen bersejarah yang mengingatkan kita akan pengorbanan para pahlawan dalam menjaga keutuhan Pancasila sebagai fondasi negara.

Dalam peringatan ini, guru dan siswa SMA Negeri Dua (SMADA) Jember berbicara tentang makna mendalam Pancasila dalam kehidupan sehari-hari, menginspirasi kita semua untuk memahami dan menerapkan nilai-nilai luhur ini dalam perjalanan hidup kita.

Guru dan Siswa SMADA Jember Bagikan Makna Mendalam Pancasila

Hari Kesaktian Pancasila adalah bagian dari sejarah perjuangan pahlawan yang gugur dalam mempertahankan Pancasila sebagai dasar negara dan ideologi bangsa.

Maknanya tidak hanya terbatas pada kata-kata, tetapi juga tercermin dalam tindakan sehari-hari.

Pancasila sebagai Pandangan Hidup: Pesan Inspiratif dari Generasi Muda

Menurut Riski Elok, seorang guru di SMA Negeri Dua (SMADA) Jember, pengalaman Pancasila harus terus diaktualisasikan. Di lingkungan sekolah, kita dapat menghormati perbedaan dengan berpegang pada etika dan tata krama yang baik serta menerapkan nilai-nilai keagamaan yang satu, sehingga Pancasila dapat menjadi pedoman dalam kehidupan.

Dia contohkan Sila Pertama, Ketuhanan Yang Maha Esa, yang mengajarkan kita untuk menjunjung tinggi agama yang mengedepankan kebaikan, tanpa memandang agama apa pun. Kesatuan dalam kebaikan harus menjadi prinsip dalam mendidik karakter siswa.

Akses Gratis tiap pekan, Majalah Memo digital, e-Book Memo dan e-Course Memo Talenta , via Group WA Klikdisini, atau TELEGRAM Klikdisini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *