Skandal Etik Guncang Mahkamah Konstitusi: Ketua MK Diberhentikan

Berita, Pemerintah23 Dilihat

Harian Memo.com

MEMO,Surabaya:    Keputusan kontroversial telah diambil oleh Majelis Kehormatan Mahkamah Konstitusi (MKMK), yang mengguncang dunia hukum. Anwar Usman, Ketua MK yang berpengaruh, resmi diberhentikan karena pelanggaran etik yang dianggap serius oleh MKMK.

MKMK Putuskan Anwar Usman Tersandung Pelanggaran Etik Berat

Dewan Etika Mahkamah Konstitusi (MK) telah memutuskan untuk memberhentikan Anwar Usman dari jabatannya sebagai Ketua MK.

Keputusan ini diumumkan setelah Dewan Etika menyelesaikan proses pemeriksaan terkait dugaan pelanggaran etika yang dilakukan oleh Anwar Usman pada Jumat pekan lalu.

Jimly Asshidiqqie: Kode Etik dan Perilaku Hakim Konstitusi Terlanggar

“Kami menyatakan bahwa hakim terlapor telah terbukti melakukan pelanggaran serius terhadap kode etik dan perilaku hakim konstitusi. Hal ini melanggar prinsip Sapta Karsa Hutama, termasuk prinsip ketidakberpihakan, prinsip integritas, prinsip kecakapan dan keseimbangan, independensi, serta kesopanan,” kata Jimly Asshidiqqie, Ketua Dewan Etika MK, saat mengumumkan keputusan ini di Gedung MK, Jakarta, pada hari Selasa (07/11).

Akses Gratis tiap pekan, Majalah Memo digital, e-Book Memo dan e-Course Memo Talenta , via Group WA Klikdisini, atau TELEGRAM Klikdisini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *